Subscribe:

Jumat, 03 Januari 2014

Makanan Berminyak Pemicu Kanker Paru Remaja

Kanker paru pada remaja

"Pasien kanker paru paling banyak di atas usia 40. Tapi perokok usia SMP/SMA tendensinya naik. Semakin muda usia penderitanya, kanker paru semakin ganas dan peluang hidupnya kecil," terang spesialis paru dan pernapasan yang juga Ketua Tim Kerja Paru RSKD, dr A Mulawarman Jayusman, SpP(K) kepada Kompas Health di Jakarta.



"Kanker paru pada usia muda meningkat karena banyak menggunakan minyak goreng, yang menyebabkan kanker. Pola makan sebagai penyebab kanker di usia dini juga belum banyak disadari," ungkapnya.

Menurut dr Noorwati, kecenderungan penderita kanker usia muda bukan hanya untuk paru. Karenanya, mengontrol asupan makanan menjadi penting. Salah satu caranya kurangi makanan berlemak. Pola makan hanya salah satu faktor penyebab kanker paru. Utamanya, kanker paru diakibatkan oleh merokok. Penyebab lainnya adalah genetik.

Prof Dr Anwar Jusuf, SpP(K) dari RS Umum Persahabatan mengatakan lebih dari 90 persen penyebab kanker paru akibat rokok. Penyebab lain, dengan kontribusi kecil adalah faktor genetik.

"Kalau ibu, adik, kakak menderita kanker paru, ini perlu menjadi perhatian. Faktor genetik bisa menjadi penyebab tapi presentasinya kecil. Rokok tetap utama, selain polusi dan makanan berminyak. 

Artikel bermanfaat :

0 komentar:

Posting Komentar